Kamis, 19 Februari 2015

2 "Ra Ketang" Salam



Ra ketang salam

Yogyakarta, 19 februari 2015

Assalamua’alaikum wr. Wb...

Dimulai kemaren malam tiba-tiba saya dapat ilham ingin mengotak-atik kembali blog yang dulu saya buat untuk memenuhi tugas salah satu mata pelajaran ketika Aliyah. Kurang lebih 2 tahun 3 bulan saya tidak pernah memoles bahkanmelihat blog saya, kini saya mulai sadar bahwa blog itu penting guna “tempat curhat” bagi pemahaman dan perenungan-perenungan saya selama kuliah. Ini tulisan pertama saya setelah hibernasi 2 tahun 3 bulan. Dan saya yakin kualitas tulisan saya ini masih kalah dengan jauh dengan rekan-rekan blogger lain. Tapi apa salahnya mencoba? Okey, Tetapi jika tak kenal maka tak sayang, jadi lebih baik saya memperkenalkan diri saya dulu. Saya dilahirkan di kota sang proklamator kemerdekaan dan juga presiden pertama Indonesia. Ada yang perdebatan antara Blitar dan Surabaya. Tapi saya yakin kota kelahiran saya adalah kota kelahiran presiden pertama juga, karena rumah beliu yang kini dimuseumkan seakan menjadi jawaban sejarah. Tepatnya di ujung timur laut jawa timur, yaitu Blitar. Kota yang menjadi saksi bisu pemuda-pemuda PETA menyuarakan pendapatnya beberapa hari sebelum kemerdekaan dilangsungkan. Saya dilahirkan dari keluarga yang masih menjunjung tinggi khasanah tradisi beragama, keluarga sederhana yang memberikan saya banyak pelajaran hidup.

8 tahun saya menghabiskan waktu saya di TK Al-Hidayah kademangan dan SD Kademangan 05 yang kini sudah semakin berkembang. Saya tidak pernah mengenyam pendidikan formal dibawah kementrian agama sampai saya menginjakkan kaki di Mts Kota Blitar. Pendidikan disana mengubah cara pandang saya tentang agama, sehingga tak ada hujan tak ada petir saya terbang ke Malang dan merantau mencari ilmu di MAN 3 MALANG. Petualangan saya dimulai dari Madrasah itu, ketika pandangan saya dibuka akan luasnya dunia dan berbagai lembaga pendidikan yang bermutu dan beernilai tinggi untuk melaksanakan kewajiban menuntut ilmu. Kata Imam Syafi’ie “jangan cari kemuliaan di kampung kelharinamu & sungguh kemuliaan itu ada dalam perantauan di usia muda”. Akhirnya saya kembali merantau demi melaksanakan kewajiban Allah dalam menuntut ilmu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mengambil program studi Filsafat Agama yang “kata orang” adalah jurusan orang-orang sesat. Di Jogja Istimewa ini saya mondok di PPKHM Kotagede Yogayakarta untuk memperdalam ilmu agama dan wawasan khasanah tradisi keagamaan.

Kini dalam perantauan, saya mencoba aktif meskipun hanya dengan tulisan. Mungkin blog ini akan saya manfaatkan sebagai “tempat curhat” perenungan-perenungan ilmu yang saya dapatkan atau perlajaran hidup. Bagi kawan-kawan kita jadikan blog ini sebagai sarana untuk bertukar pendapat dan pengetahuan. Selamat membaca!(MBS)

2 komentar:

 

sederhana Copyright © 2011 - |- Template created by Badrus Soleh - |- Powered by Blogger Templates