Kamis, 12 Maret 2015

2 Tempat-tempat “Surga” Blitar


Yogyakarta, 12 Maret 2015

Sebenarnya tulisan ini saya ajukan untuk memenuhi “tuntutan” akan kelangsungan kegiatan akademik di Universitas tempat saya mencari ilmu. Harap maklum jika tulisan ini tidak mengacu pada tema blog saya yaitu tulisan yang berkutat pada perenungan dan pemahaman saya. dalam tulisan ini akan saya paparkan uraian singkat tentang tempat wisata di kota kelahiran saya, Blitar. (info lebih lanjut buka ( "ra ketang" salam ).

Tempat wisata di Blitar sarat dengan nilai sejarah. Hal ini sejalan dengan status Blitar adalah kota Sang Proklamator dan presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno. Tidak hanya itu, berbagai wisata alam juga menyelimuti wilayah kota Blitar. Saya akan memaparkan beberapa wisata di Blitar yang recomended. Bagi pelancong mungkin beberapa wisata di Blitar ini bisa untuk dijadikan referensi daftar tujuan wisata yang wajib dikunjungi.

1. Makam Bung Karno
 Makam Bung Karno sebenarnya hanyalah makam seperti pada umumnya. Namun makam ini menjadi lebih menarik bukan hanya karena beliau adalah Presiden pertama, namun kompleks disekitar makam juga telah di sulap menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik. Terletak 3 km di utara Kota Blitar, lokasi di sekitar makam dibangun perustakaan megah dan pasar yang mengelilingi makam. Tidak hanya peziarah, kini makam juga ramai dengan beberapa orang berkunjung ke perpustakaan Bung Karno. Akses masuk yang cukup mudah membuat makam ini tidak pernah terlupakan pengujung yang berwisata ke Kota Blitar. Selain pasar dan perpustakaan ada juga museum Bung Karno, yang menceritakan sejarah perjuangan Bung Karno dalam memerdekakan Indonesia. juga beberapa benda peninggalan yang menjadi saksi bisu perjuangan tumpah darah rakyat Indonesia. salah satu benda yang paling menarik di museum adalah lukisan “hidup” Bung Karno. Mengapa hidup? Karena dalam lukisan itu jantung Bung Karno terlihat berdetak-detak layaknya manusia hidup. Selain itu diluar kompleks makam juga ada berbagai toko panganan sampai pakaian. Jika kita berwisata ke Blitar, gak perlu repot-repot mencari pusat oleh-oleh khas Blitar, karena semua barang khas Blitar ada di kompleks makam Bung Karno.
2. Istana Gebang Blitar
  
Istana Gebang adalah rumah Bung Karno yang menjadi saksi bisu beliau dilahirkan. Rumah yang dulu dijadikan Bung Karno sebagai tempat untuk berlindung dari hujan, panas, angin sampai penajajah, kini sudah dijadikan oleh pemerintah Kota Blitar sebagai salah satu tempat wisata Kota Blitar. Tidak ada tarif masuk, cukup dengan mengisi daftar tamu pengunjung langsung bisa masuk dan berfoto di dalam rumah itu. Ada beberapa bilik kamar yang dan ranjang, dan berbagai benda-benda peninggalan milik Bung Karno. Bahkan mesin ketik manual yang dulu sering digunakan Bung Karno untuk menulis masih terpampang rapi. Mungkin ada beberapa lemari yang ditambahkan oleh pemerintah karena disana ada berbagai penghargaan dari universitas yang melakukan study lapangan di istana gebang. Jika kita menelusuri garasi belakang, maka masih ada mobil asli mliki Bung Karno yang masih tersimpan rapi dan tampak mengkilat. Bagian depan istana ada sebuah pohon ringin besar dan patung hormat Bung Karno.
3. Wisata Waterpark Sumber Udel
Sampai sekarang taman bermain air masih digemari di semua wilayah. Di Blitar taman bermain Sumber Udel menyuguhkan berbagai macam kolam renang dari anak-anak sampai dewasa dan juga Panggung Gembira yang menyuguhkan kesenian setiap tahunnya. Selain harga tiket masuk yang murah, taman bermain air Sumber Udel juga memberikan merawat kebersihan air sehingga menjadikan pengunjung berlama-lama bermain air di sini. Lahan parkir yang luas juga semakin memanjakan pengunjung yang datang.


4. Candi Penataran
Candi adalah satu satu warisan budaya Indonesia yang sangat tua. Salah satu candi yang terkenal di Blitar adalah candi penataran. Candi yang terletak di kaki Gunung Kelud ini memiliki kesan yang indah dan juga kesejukan dan kesegaran. Suasana yang masih asri semakin menyegarkan mata ketika berkunjung ke candi ini. candi ini telah berdiri di era tiga kerajaan besar Nusantara, yaitu Kediri, Singasari, dan Majapahit. Tempat wisata di Blitar yang satu ini adalah tempat di mana para raja diangkat dan juga merupakan tempat upacara pemujaan pada Sang Pencipta. Candi Penataran dalam legenda masyarakat setempat diyakini sebagai tempat di mana Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang terkenal itu, yakni Sumpah Palapa, sebuah sumpah untuk mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.

5.  Kebon Rojo Blitar
Kebon Rojo atau yang terkenal dengan istilah Bon Rojo adalah tempat wisata yang paling ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Tempat wisata ini terletak tepat di tengah Kota Blitar didampingi beberapa sekolah terpadu di depannya. Kebon Rojo ini adalah wisata kebun biantang yang menyajikan berbagai macam binatang yang dilindungi dan dalam kategori hampir punah. Kebun binatang ini memang tidak sebesar kebun binatang raya di Surabaya, namun  Kebon Rojo ini selalu ramai dengan berbagai acara anak-anak dan lainnya. Tempat wisata ini juga asyik dijadikan tempat untuk nonkrong sembari melepaskan kepenatan selama seminggu bekerja. Selian itu ada stand kuliner yang patut dicoba karena menyuguhkan kuliner khas Blitar.

6. Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo teletak 20 km di ujung selatan Blitar  ini tidak pernah sepi dan selalu menjadi tujuan utama para pelancong. Selain menyajikan ombak dan pasir yang indah, pantai ini juga merupakan pantai nelayan. Oleh karena itu, pantai ini sering menyajikan berbagai kuliner ikan segar. Tidak hanya itu, akses yang mudah untuk menuju pantai ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Cukup dengan 3000 ruiah pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang terhamapar. Selain itu masyarakat yang ramah dan santun menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit para pecinta pantai.

7. Pantai Serang Blitar
Pantai Serang terletak di Desa Serang, sekitar 40 km dari kota Blitar. Anda akan menemukan adanya upacara di pantai ini setiap bulan Suro, yakni upacara Larung Sesaji. Pantai Serang memiliki panorama pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang memikat. Tempat wisata di Blitar yang satu ini memberi Anda banyak kegiatan wisata menarik, seperti berenang, berjemur, memancing, berperahu, dan lain sebagainya. Tak ayal, pesona pantai Serang telah menarik minat banyak wisatawan untuk menikmati masa liburannya tatkala berkunjung ke Blitar.

8. Pantai Jalasutra Blitar
Pantai ini terletak jauh di timur Blitar, sudah mendekati pebatasan antara Blitar-Malang. Namun secara administrasi pantai ini terletak di kabupaten Blitar. Pantai ini bisa dikatakan sebagai hawainya Indonesia, dengan penorama yang disajikannya tak kalah dengan keindahan hawai. Pantai yang masih alami dan jarang tersentuh oleh tangan jahil manusia semakin memikat perhatian orang. Posisi pantai yang teletak dibawah bukit dengan hamaparan pasir besi yang masih alami, ditambah dengan perbukitan yang ditumbuhi pohon yang rindah semakin membuat eksotis pantai ini. pohon-pohon kelapa yang menyambut beberapa meter setelah gerbang, semakin menghawaikan pantai ini. Pantai Jalasutra juga dijuluki sebagai pantai pencakar langit karena pantai ini ujung pandang dari pantai ini tidak terlihat seakan menyatu dengan langit. bonus....



Itulah beberapa tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi bagi kalian yang mengaku pelancong sejati. Tidak akan ada penyesalan setelah teman-teman sudah mencicipi tempat-tempat wisata yang ada, justru teman-teman akan menyesal jika tidak pernah melihat panorama keindahan wisata Blitar. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Blitar, dan tidak ada salahnya jika teman-teman mencari tahu lebih lanjut. Selagi bisa menjejakkan kaki, jejakkan kaki teman-teman sejauh mungkin sampai sudut tersempit di ujung Blitar. (MBS)

2 komentar:

 

sederhana Copyright © 2011 - |- Template created by Badrus Soleh - |- Powered by Blogger Templates